Diary of Mid-20 Girl (Part 5)

Selamat pagi! It's been, I don't know 4-5 months since my last post. Sudah melewati banyak hal, salah satunya..... my birthday! I am twenty five y.o now, ternyata begini ya rasanya hahaha kayak gak kerasa apa-apa sih, cuma yah doa-doa dari orang yang mengucapkan selamat ulang tahun kurang lebih berbeda dari tahun-tahun yang lalu. Sekarang lebih ke "dimudahkan dan diberi kekuatan menghadapi kehidupan di umur segini" and i'm pretty agree. Hidup ga akan lebih mudah ketika sudah menginjak umur segini, lebih banyak tanggung jawab dan rencana-rencana besar juga harus tetap menyeimbangkan inner peace. 

Salah satu perubahan besar yang aku sadar dengan jelas adalah, anytime seseorang say or do something yang menyakitkan untuk diri kita, there must be a reason why they do that. Dulu, aku selalu sebel setiap cerita tentang kayak gitu, Renzo selalu kasih alasan "mungkin dia gitu.... mungkin dia gini...." kayak kenapa sih harus ada excuse, ya kalo nyebelin nyebelin ajaa gitu kan. Tapi ya makin kesini makin mikir, siapa tau emang ada alasannya, kenapa kok ngejudge orang nyebelin dan ngamuk-ngamuk sendiri hahahaha, my anger issues couldn't do it years ago. Tapi untungnya makin kesini makin nggak ada tenaga untuk ngamuk-ngamuk jadi yaudah lah, it must be a reason why they do that jadi yasudah biarin ajaaa.

Well, hello again, I write this di awal bulan Juli di sela-sela finishing tesis dan ppt sidang. Update sekarang aku tulis lagi dalam keadaan: I'm a Magister now! Yayy I did it. Setelah sempat banyak drama menuju ke sidang mulai dari tanda tangan dosen, sampe detik-detik sebelum sidang pun masih drama, tapi alhamdulillah bener-bener semua karena kuasa Tuhan, waktu sidangnya malah alhamdulillah lancar jaya mulus tanpa hambatan. Aku bisa jawab semua pertanyaan, bisa menjelaskan hal-hal yang masih belum jelas, dan dinyatakan lulus! Sebenernya ini berasa sangat surreal ya, karena dari awal aku sempat pesimis dengan metode penelitian yang sama sekali aku nggak tau dan nggak bisa, terus judul yang aku ajukan ditolak, dan sebagainya dan sebagainya. Tapi tetep satu goalsku di tesis ini adalah aku mau coba sendiri tanpa bantuan joki untuk menghitung data-datanya. Awalnya ya susah banget, asli. Data-data gak normal, banyak angka-angka yang aku gak tau maksutnya apa, it's a hard rough way. Mungkin bagi banyak orang gampang cuma statistik sederhana, tapi untukku ini tantangan besar. Dan dengan cuma lihat tutorial di youtube, coba-coba sendiri, kalau ada masalah baru tanya, itu pun cuma memastikan salah/benar setelah itu ya aku utak atik sendiri, good job myself! Aku bangga banget sama diriku sendiri karena mau mencoba hal baru, menantang diri sendiri, dan tetap memaksa maju. Ditambah lagi berhasil, hasilnya bagus dan variabelnya berjalan sesuai keinginanku. Aaaaak mungkin Aisyah di umur 20 tahun nggak akan menyangka di umur 25 ini berhasil menyelesaikan penelitian rumit, hitung-hitungan pake SPSS. Asli. If I am comparing to my old self, I surely improving a loooooot. Good job myself! 

Sudah segini saja lah ya, I still have revision dan syarat-syarat lulus lainnya hehehe. Have a good day!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diary of a Mid-20 Girl (Part 4)

Perkara cafe-cafean (Jilid 5)