MAKEUP 101

Helloooow, so seperti janji aku di post kemaren-kemaren aku juga akan ngepost yang tentang makeup (menyelingi karangan a.m karena belum selesai lanjutannya sampek sekarang ehehehehe). Jadi sebenrnya aku baru menyentuh yang namanya make up di akhir-akhir SMA. Karena sebelumnya aku itu sangat amat cuek, yang bener-bener cuek. Pakai lipbalm dan bedak aja enggak. Dan karena di SMA sering banget ada acara-acara yang butuh makeup, kayak paduan suara atau yang lain, so i'm trying to belajar makeup sederhana sajooo. Biasanya kalo iseng pun, saling belajar-membelajari sama teman-teman yang lain. Tapi ya itu, karena kulit berminyak dan gampang jerawatan, harus cocok-cocokan yang mana yang gak bikin break out. Soalnya sekali salah pake, udah deh jerawatnya berhari-hari ahaha. Oiya, selama ini sih, aku baru pake makeup yang sederhana banget. Tanpa shading, counturing dan highlighting, kayak cuma makeup ke kampus dan jalan sehari-hari saja. Paling banyakan main di lipstick aja biar keliatan beda-beda ehe. So, let's start!
.
Yang pertama pelembab. Jadi, kebanyakan kulit berminyak kan mikirnya ngga usah pake pelembab kali ya, biar nggak nggilap, eh apasih bahasa indonesianya? ahaha, mengkilap maksud aku. Tapi, sebenernya pelembab itu sangat amat perluuuu. Pertama, biar makeup nya tahan lama, kedua, biar muka itu nggak langsung kena makeup gitu loh, jadi semacam ada tamengnya si pelembab ini, jadi wajah nggak akan kenapa-kenapa walaupun pake makeup berjam-jam. Terus kalo bisa yang ada spf++ nya. Nah, ini salahku karena dari dulu nggak pake yang ada spfnya hehe, jadi aku pake si Ponds Acne Solutions Daily Expert Moisturizer, yang kayak begini
Lumayan sih ini, sekalian meredakan jerawat-jerawat aku, kan juga serangkaian sama face wash nya. Kelemahannya dia nggak ada spf nya. Jadi harusnya setelah pake ini terus pake sunblock, tapi aku nggak beli ehehe jadi yaudah deh hitam ini muka, dan emang sekarang jadinya lebih hitam muka aku daripada tangan ehehe. Jadi jangan pernah lupa pake sunblock ya gaess, atau beli pelembab yang sekalian ada spf nya biar praktis, ok? Terus setelah beli Nature Republic Aloe Vera 92% Shooting Gel (yang ada di post sebelumnya), aku pakai itu untuk pelembabku, sampai sekarang. Enak sih, makeup lebih tahan lama dan muka jadinya adem dan halus, cuma kelemahannya di lama keringnya. Jadi setelah pake aloe vera harus dikipas-kipas dulu sampai bener-bener kering, baru apply makeup. Soalnya kalo belum kering sudah di apply nantinya bakal banyak yang ndemblok, apasih, menggumpal, apasih, yah intinya makeup nya jadi nggak rata gitu loh hehe. Jadi harus ditunggu sampek bener-bener meresap kira-kira 1-2 menit aja kok, daan dia juga ngga ada spf nya hehe. Teruuuuus setelah pelembab, biasanya aku langsung pake foundation. Kalo untuk ke kampus aja, aku jadikan foundation kayak concealer (penghematan, biar gausah beli concealer hehehehehe). Kalo untuk sehari-hari foundation untuk nutupin bekas jerawat, jerawat, kantong mata aja, jadi nggak full buat satu wajah gituu. Kalo untuk acara baru diratakan full se wajah. Selama ini aku pakai Wardah Everyday Luminous Liquid Foundation yang shade nomor 3, beige, yang kayak begini
Ini dia teksturnya cair banget jadi harus hati-hati jangan kebanyakan nuang dari kemasannya, karena sayang kan ehe. Dan dia coveragenya bagus sih bisa menutupi bekas jerawat dengan paripurna. Aku biasanya mengaplikasikan dengan tangan aja hehe, atau sama spons kalo lagi niat. Intinya kalo pake ini jangan kebanyakan aja, soalnya kalo kebanyakan berasa pake topeng gitu kelihatannya. Terus kadang juga pake foundation punya ibu, jadi beli dari dokter gitu banyak sama temen-temennya terus dibagi-bagi. Nah kalo foundation yang ini favorit aku nih, dia shade nya pas buanget sama mukaku jadi nggak keliatan kalo pake foundation, coveragenya lumayan nggak yang bener-bener menutupi, tapi masih nutupin, kayak misal bekas jerawat merah gitu, dia nutupin, tapi kalo masih bertekstur mblenduk gitu ya tetep kelihatan. Tapi sejauh ini aku lebih suka pake foundation dokter ini, daripada pake wardah hehe. Terus setelah foundation, karena aku nggak pake counturing dan shading jadi biasanya langsung ke blush on. Aku biasanya pakai Emina Cheeklit Cream Blush warna peach. This is sooooo good sih.
Hasilnya bener-bener natural, tapi kelihatan. Kayak nggak lebay kalo dipakai sehari-hari gitu lhoo. Bentuknya juga lucu kecil gampang dibawa-bawa. Dia kelemahannya, harus ditungguin beberapa detik gitu sampek keluar warnanya. Soalnya, dulu pertama-tama pake, kok keliatannya kurang ya ga keluar warnanya, yaudah aku tambahin lah creamnya. Eeeeh jadinya kebanyakan kayak orang demam gitu ehehe, jadi harus sabar nunggu warnya keluar, kalo kerasa kurang baru ditambahin. Soalnya kalo nambahin-nambahin terus bisa kebanyakan kayak orang flu ahaha. Tapi plusnya dia AWET BANGET. Habis dipake wudhu pun nggak ilang. Dan pengaplikasian nya gampang cuma ditap tap pake tangan aja. Mantap deh favorit aku ini memaaaaaang. Sudah jelas bakal repurchase kalo ini habis. Terus kalo untuk acara, setelah pake emina ini ditambah lagi pake Wardah Blush On yang seri C biar lebih nyala. Dia bagus sih warnanya pink-pink coral gituu. Packagingnya kecil dan udah ada brush nya juga jadi lumayan gampang dibawa-bawa. Menurutku, kalo pake si wardah ini aja harus diaplikasikan 3-4 kali baru keluar warnanya, tapi karena sebelumnya udah ada emina jadi lumayan 2-3 kali aja udah nyala warnanya. Kalo kataku dari seri blush on wardah, ini yang paling bikin seger sih
Waaah sudah setengah jalan nih, tinggal 2 step kalo buat sehari-hari. Setelah blush on sudah, terus waktunya nge set pake bedaaaak. Karena kulit berjerawatku, katanya disarankan nggak pake compact powder kan? Dan emang daridulu aku nggak pernah pake compact sih hehe. Jadi pilihanku jatuh pada 2 bedak tabur favorit. Yang satunya adalah wardah Acne Face Powder, ini dia cuma punya satu shade dan masuk untungnya di kulitku. Isinya lupa berapa gram, pokoknya LAMA BANGET HABISNYA ehehe untungnya saya cocok jadi happy malah kalo nggak abis-abis. Dia bisa bener-bener nge rem minyak berlebih kalo aku sih, tapi kelihatan banget kalo pake bedak. Tapi itu kayaknya karena aku aplikasinya pake spons bawaan wardah, bukan pake brush. Katanya kalo mau lebih natural pake brush aja gituu. Dan yang disayangkan adalah....kemasannya rapuh sekaliiii. Sampai habis ini, punyaku bener-bener udah gak berupa bedak, tutupnya pecah kemana mana hiks :( padahal cuma karena aku bawa di pouch makeup dan di dalam tas ransel. Tapi overall bagus sih menurutku untuk kulit berminyak kayak akuuu. Dan bedak tabur kedua adalah bedak favorit semua orang since zaman dulu, yaitu.....marcks! Sebenernya aku baru beli beberapa hari lalu dan belum kerasa bedanya, cuma selama ini minta punya temen kok enak sih dia, mana wangi baunya kan saya suka. Dan katanya bisa nge rem minyak juga, jadilah saya beli yang shade creme, karena yang pink lagi habis. Padahal pingin yang pink ahaha. Kalo marcks ini semuanya sudah tau mungkin ya kelebihan dan kekurangannya ahaha. kekurangannya dia gede kemasannya, jadi nggak bisa dibawa-bawa, yang kayak begini lah penampakannya.
*maap ya kualitas fotonya jelek.....hehe. Oke, next setelah bedak adalah part terfavorit akuhhh yaitu lipstick!! Jadi ada beberapa lipstick yang aku pake dan aku favoritin bangeeet. Yang pertama ada holy grail semua cewek, yaitu Purbasari 81. Awalnya aku cuma coba-coba punya temen, eeeh kok ternyata bagus, yaudah ikutan beli. Warnanya bukan pink, malah lebih ke coklat-coklat coral dan hasilnya sangat natural. Sekarang lagi mengincar purbasari 83, yang warnanya antagonis, merah tua gituu, ya ntar an deh belinya ahaha. Terus biasanya aku pake Purbasari 81 ini untuk gradasi, jadi luarnya purbasari, dalemnya Tony Moly Delight Tony Tint yang warna Red. Hasilnya lumayan, nanti aku kasih fotonya di bawah gaes. Karena si purbasari gak mencapai bibir bagian dalam, sedangkan kalo tonymoly dipakai di seluruh bibir, kemerahan hasilnya kayak habis makan orang. Jadi yaudah aku gabung hehehehe. Selain itu, aku juga pakai Emina Lipcream yang shade Flamingo. Ini di bibirku jadinya pink cerah ke ungu an, semi fuschia gituu. Tapi aku suka sih, karena AWET banget. Tapi nggak aku pakai setiap hari, cuma kalo lagi pengen aja eheheh. Lebih sering pakai kombinasi purbasari 81 dan tonymoly. Tapi seriously Emina ini enak banget sih, dan bagus warnanyaa sangat pigmented. Dan kayak sekali oles aja udah kelihatan, kalo purbasari kan harus berkali-kali swatch baru nyala warnanya.
Nah, biasanya aku pake Emina bareng sama lipstick merk Primark warna nude. Primark ini aku nggak tau ada apa enggak di Indonesia, tapi aku belinya nitip temen aku yang tinggal di Belanda. Primark ini semacem satu toko yang jual dari baju sampek makeup semuanya ada. Dan murah banget gaess. Untuk lipstick matte yang aku beli harganya cuma 2 euro, artinya 20ribuan rupiah, dan itu jadi lipsticknya matte, tapi di bawahnya ada kayak lipgloss nya gitu lho, jadi kalo pingin lipstick shiny, tinggal pake yang lipglossnya deeeh. Cuma 20ribu gaess, di sini mana dapet kayak gituan hiks hiks. Aku punya dua warna, satunya nude yang aku pakai cuma buat campuran-campuran, karena kalo dipake sendiri kayak orang sakit ehe. Yang satunya warna pink cerahhh. Oke, jadi itu rangkaian lipstick yang aku punya ahaha. Biasanya kalo buat ke kampus dan sehari-hari ya cukup sampai sini rangkaian makeupnya. Kenapa nggak pakai eyeliner dan mascara atau eyeshadow? Karena saya pake kacamata hehe hehe, jadi takutnya nggak begitu kelihatan juga, jadi aku nggak pakai. Ini fotonya kalo sehari-hari dengan lipstick purbasari+tonymoly
Kalo yang ini, sehari-hari dengan lip cream emina+nude nya primark
Hehe gitu itu aja kan ahaha. Terus kalo emang untuk acara penting mungkin akan aku tambahin eyeshadow Maybelline The Blushed Nudes. Pake peach di seluruh kelopak mata aja, atau kalo lagi niat sama pink tua/maroon di luarnya aja. Ini bagus sih, pigmentasinya mantap dan warnanya cenderung ke pink pink lucu gituu. Jadi nggak terlalu heboh walaupun makeup full, tapi tetep kalem kelihatannya hehe. Karena kan mataku belo' banget ya, jadi kalo melek, kelopak mata yang tadinya ada eyeshadownya jadi kayak hilang gituu, jadi kalo pake eyeshadow harus bener-bener full sampek ngelebihin kelopak bahkan, karena kalo nggak gitu yaudah nggak kelihatan ahaha. Kalo untuk eyeliner, aku nggak pake karena.....GAK BISA ahahaha. Kalo cuma buat nyoba-nyoba biasanya pinjem punya temen Emina Eyedo yang ujungnya kayak spidol itu atau Wardah yang yaaaa holy grailnya banyak orang itutuh. Tapi itu cuma buat nyoba aja, aku nggak pernah pake buat keluar-keluar. Kalo mascara biasanya pake Wardah Eyeexpert atau Wardah Aqualash. Pernah coba punya temen si Maybelline Push Up Drama Mascara, GILA BAGUS BANGET. Bener-bener kayak bulu mata tambah panjang dan lentik poooooooooool. Harus beli sih besok-besok ehe, nabung duluuu. So, ini hasilnya makeup full pake push up drama mascara, eyeshadow dan lain sebagainya lengkap
Jadi, begitulah makeup sederhana punya saya. heheheheh i am such an amateur, right? Tapi nggak papa, aku suka belajar dan mainan makeup. Seenggaknya bisa me makeup i diri sendiri dengan bagus aja udah seneng luar biasa, apalagi kasih tips-tips ke temen-temen semua. Oh iyaaa, untuk alis, aku nggak pernah gambar alis, karena satu, alisku sudah tebel banget, dua, karena aku nggak bisa ahaha takutnya ntar kalo aku gambar malah jadi shinchan saking tebelnyaa. Dan aku pernah coba sekali, Etude Dear Darling Eyebrow yang warna apaya lupa grey kayaknya, dan itu nggak keluar di alisku:) udah aku gambar-gambar berkali-kali lah gak muncul sama sekali di alisku, jadi aku memutuskan untuk sikat sikat alis aja deh nggak usah digambar ehehehew. So, thats all for makeup 101. Hope we meet again untuk tips-tips lainnya. Byeeeee

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diary of Mid-20 Girl (Part 5)

Diary of a Mid-20 Girl (Part 4)

Perkara cafe-cafean (Jilid 5)