It's Comes to An End.

Selamat siang!
Sedang tidak ada kerjaan karena tanggungan semester ini alhamdulillah sudah selesai. Tinggal tunggu hasilnya saja bismillah (update baru cek ternyata sudah keluar nilainya asyik). Akhirnya sampai juga di penghujung 2019, this year was soooooo fun! Mengalami turun, naik, turun lagi, naik lagi hahahaha. But that was fun. Awal tahun kemarin sudah berjanji ke diri sendiri untuk lebih live in the moment dan mensyukuri apa yang aku punya sekarang. And that was I do sepanjang tahun. Benar-benar, ya, tahun ini sama sekali nggak mudah, nggak mulus, geronjalan di mana-mana. But i try my best untuk bersyukur dengan geronjalan-geronjalan itu, setidaknya aku bisa tau hal-hal yang awalnya aku nggak tau. Well. Begitulah. Tahun ini belajar bahwa kuliah duduk denger penjelasan dosen di kelas itu lebih lebih lebih menyenangkan daripada semester tua. Asli. Walaupun dulu rasanya mau berangkat aja maaaaager sekali (ditambah otw setengah jam) tapi pusing juga ternyata berada di semester yang orang selalu beranggapan "waah habis ini selesai dong ya kuliahnya". Belajar bahwa birokrasi kampus masih sepusing dan se bolak-balik itu. Tapi on the other side, tahun ini, tepatnya akhir tahun ini, i'm more than grateful bahwa aku bisa belajar untuk living alone and stuff. Dari awal masuk kuliah sudah bertekad untuk setidaknya magang di luar kota, karena nggak boleh kuliah di luar kota, but i get realllly curious about living alone and how to deal with everything alone. Dan akhirnya bisa terlaksana di 2019 ini, thanks to siapapun yang sudah meminjamkan mata, hati, telinga, badan, semuanya untuk helping me deal with that. Senang sih, ada hal baru yang aku pelajari di tahun ini. Btw kayaknya baru kemarin, deh, aku promising myself untuk "gelut" dengan apapun yang harus kuhadapi di tahun yang baru, KOK UDAH TAHUN BARU LAGI.... Life is getting fast, is just me apa memang kalian juga merasa seperti itu?
Oh ya, satu hal lagi yang harus disyukuri di tahun ini adalah bisa bertemu dan bertukar pikiran dengan my lifetime sissy, Epong. I stick with her since SD kali ya, sampe akhirnya nggak kontak-kontakan berapa tahun dan dipertemukan lagi di Jakarta. Bisa mengobrol lagi dengan orang yang ada di umur belasanku such a bless. Apalagi kan sekarang udah sama-sama gede ya, pemikiran sudah terbentuk, jadi bisa tukar pikiran tentang buuuuuanyak hal and I got sooo many new insight from her. Such a good girl. Happy, happy, happy. Akhir tahunku menyenangkan dengan bumbu-bumbu hati agak dongkol yaa biar seimbang, nggak, sih? Ahahahaha. Tapi garis besarnya aku senang. Tinggal berapa minggu lagi ini menuju 2020. What I wish for adalah......lulus kuliah haha. Aku bukan seorang ambisius yang menargetkan diri sendiri seperti yang sudah kujelaskan di beberapa post sebelum ini ya, tapi ya tetep, sist, siapa yang nggak mau lulus 4 tahun, ya, kan. Tapi aku pingin dari kuliahku ini aku bisa dapat value, bisa dapat banyak pelajaran, jadi aku nggak mementingkan cepat lulus karena alasan itu, sih. Jujur kalau cuma kuliah di kelas duduk walaupun menyenangkan tapi value yang aku dapatkan nggak banyak. Tapi dari proses-proses semester akhir ini, magang, skripsi. Dari sini aku mau mengambil value sebanyak-banyaknya. Aku ingin lulus dengan pemikiran yang sudah terasah, dan nggak pingin kuliah hanya agar dapat gelar saja. That was I deeeeeply want to do dari awal kuliah. Sounds so hypocrite, ain't it? Tapi ya jujur saja memang itu yang aku inginkan. Dan itu yang aku pegang teguh sebagai seorang yang bisa dibilang "terlambat" karena teman-temannya sudah berproses skripsi sedangkan diri sendiri baru pra-research tanpa ada judul yang fix. BUT FOR ME IT'S NOT LATE. I'm on my right time. Tekankan lagi, MY right time.
Teruuuuus di 2020 aku ingin apa ya, ingin lebih realistis lagi dalam menghadapi apapun hehehe. Ohya, I think I have to read more article or everything tentang anger issues karena mine was getting worse. Nggak tahu gimana, yang pada dasarnya gampang marah, akhir-akhir ini luebih gampang marah lagi. Dan aku nggak nyaman dengan hal itu, karena menganggu psikis juga marah-marah terus. Dan aku juga tahu hal itu salah satu kekuranganku yang akan aku usahakan untuk mengurangi, please wish me luck. Teruuuus, i need to control my overthinking juga, karena gampang banget ke-triggernya dan jujur cukup menganggu kesehatan mental. Kesimpulannya what i need to improve di 2020 adalah........SIT BACK, RELAX, DO WHAT YOU WANNA, BEING IGNORANT WITHOUT FEELING SELFISH. Penting sih yang terakhir, belajar untuk cuek. Terlalu memperhatikan pendapat orang, omongan orang, apa yang dilakukan orang lain juga ngga baik. Someone told me untuk cuek, cuek aja, cuek wes ngga usah direken sejak i go with him years ago. Dan, yaaah sampai sekarang untuk "cuek" itu yang aku masih sulit sekali. Ok deh, aku jadikan itu one of my goals in 2020!!
Finally, I wish you all a happy new year, please throw away your pain, your struggle, your insecurities on the past year, and bring more happiness in the new year. Happy Holiday! Dan aku akan mencoba lebih rajin lagi menulis di sini, karena jujur one of my best healing adalah blog ini!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diary of Mid-20 Girl (Part 5)

Diary of a Mid-20 Girl (Part 4)

Perkara cafe-cafean (Jilid 5)