It's A Decade!

Selamat malam:) Sebenarnya kemarin berniat untuk postingan terakhir tahun ini, tapi aku baru sadar kalau this is a new decade! Asli kalo dirasain tuh 2010 kayak baru kemarin, ternyata udah 10 tahun yang lalu. Sepuluh lho. Woah life must be soooo fast. Untuk bookmarks biar bisa kubaca-baca di dekade dekade selanjutnya, let me spell out what i've done on this decade!
2010.
Adalah tahun pertama masuk sekolah negeri setelah dari madrasah. Honestly it feel so good hahahah to meet much more new people dan tentu saja kondisi lingkungan yang jelas berbeda. Masih gegayaan nih baru kelas 1, senang dengan seragam putih-birunya, senang dengan sekolahnya yang sekarang lebih dekat dari rumah, mulai berani pulang naik angkot sendiri, masuk di kelas 7.3 yang notabene kelas "setan" kata salah satu guruku dulu hahahah. Mulai tahu drama-dramanya anak sekolahan, yang labrak-melabrak (well, i'm not one of them tho, as gemini i tried my best to not having a trouble), yang suka-sukaan dulu ADUH GEMES SEKALIIII. Good times, good times. Menemukan what i really interested in yaitu literasi. Jaman smp dulu setiap dapat buku pelajaran bahasa indonesia, atau bahasa inggris, atau bahasa-bahasa yang lain, aku selalu membaca habis bukunya bahkan sebelum pelajaran dimulai. Terusss apalagi ya, udah mulai tahu kluyuran. Dimulai dari tahun ini aku melakukan ritual pulang sekolah, lalu nongkrong dan baru pulang kalau angkot sudah tinggal sedikit yang berjalan. Tahun ini juga, dimana aku bertemu dengan inpirasi pertama dari berpuluh-puluh karanganku, S. Having someone who adored me, which I think I don't deserved it. Pada intinya tahun di mana semuanya terasa baru dan challenging.
2011.
Tahun kedua di smp. Tahun ini belajar apaya....kebanyakan haha hehe sepertinya. Asli, aku nggak ingat apa yang kudapat di tahun ini, selain haha hehe. Memang kata orang tuh kelas 2 baik SMP maupun SMA tuh waktunya main-main haha, well at least for me thats true. Masuk ke kelas baru (yang memper sama kelas setan juga ini mah) dan bertemu buanyak orang baru yang masih memberi impact sampai sekarang, salah satunya my human diary dari 2011 Marchaa!!! Dari jaman pinjam meminjam alfalink, sampai sekarang masih tukar menukar cerita almost everyday! Hmm tahun ini aku lebih lebih nggak pernah pulang langsung pulang lagi. Maaain mulu ke rumah teman, di sekolah sampe sore, sampe maghrib. Mulai belajar untuk.......ngerjain tugas always di sekolah, apa-apa liat punya temen hahaah jangan dicontoh ya manteman. Di tahun ini mulai menikmati sekolah, dan bergaul dengan banyak orang.
2012.
When my life changing. Karena udah kelas 3 mulai belajaaar mulu, rajin sholaaat, rajin doa ahahaha karena udah mendekati bulan-bulan ujian yakan. Tapi di tahun ini juga mulai memahami bahwa science is not my thing, karena dulu pernah remidial fisika sampai 3 kali, masih juga remidi, akhirnya dikasih nilai kkm sama gurunya hehe. Walopun rajin belajar namun tetap saja pulang sekolah tidak pernah langsung pulang, malah serajin itu masuk sekolah walaupun di sekolah cuma class meeting atau apalah yang enggak begitu penting hahaha. Di sisi lainnya, in this year i've experienced being loved so bad, and him menjadi inspirasi dari berpuluh-puluh karanganku yang lain. Hmm apalagi ya tahun ini tuh, sebenernya banyak sekali yang terjadi termasuk deg-degannya menunggu ppdb online masuk sma yang cepet sekali turunnya sehingga aku ada di 2 lembar terakhir dari sma yang aku tuju. But, fortunately masih katut. And so the high school adventure begin....
2013.
Masuk ips dengan isi kelas cuma 20. Shock berat, tapi lama-lama nyaman. Karena cuma sedikit jadi menyatukan pikiran pun lebih mudah, untuk tahu dan mengenal satu-satu secara mendalam pun lebih cepat. And this year, semua orang menyebut ini adalah dark age ku. Ya, padahal baru umur berapa tuh 15an ya? Tapi ya memang di tahun ini mengalami depresi hampir gila hahahah (i'm not really sure it's 2012 or 2013, but i guess it's 2013 mengingat sudah sma waktu itu). Aku yang notabene tidak sebodoh itu, i mean walaupun aku bodoh tapi masih sanggup untuk masuk 10 besar dari SD (walaupun 10/10) tapi in this year aku adalah urutan 18/20 hahahaha impact dari depresi. Sampai teman-teman terdekatku di tahun ini benar-benar khawatir aku akan melakukan hal yang engga-engga. Well, it's on my mind but i'm not that extreme fortunately. Lucunya, sekarang di umur kepala 2 ku aku bahkan lupa sebagian besar apa yang aku lakukan di dark age ku ini. Sepertinya memang dipendam sendiri sama ingatanku, yang aku ingat ya cuma yang aku jelaskan di atas itu. Selebihnya i don't even remember why i'm on my dark deppresion, maksutnya aku ingat garis besarnya kenapa, tapi detail-detailnya aku lupa sama sekali. Jadi akhir-akhir ini sering denger cerita teman kalo di 2013 aku gini, aku gitu, aku mikir gini, mikir gitu, aku kayak yang haaah emang iya aku begitu hahahah. But thaaaaaanks big big big thanks untuk teman-teman terdekatku yang sudah "mewaraskan" aku kembali i'm such a lucky girl to have friends that stay beside me walaupun aku seperti itu.
2014.
Kelas 2 lagi hahahaha. Ya hampir sama kayak kelas 2 smp, main tok isinya. Cuma di sma ini lebih produktif aja, mainnya ya bikin film, atau ngurus-ngurus properti markarasta, atau kostum-kostum. Atau latihan paduan suara dan lain-lainnya. Alhamdulillah tahun ini sudah renaissance, sudah tidak depresi sudah bahagia sentausa alhamdulillah. Sudah banyak yang membahagiakan juga ehehe. Lagi senang-senangnya dengan keproduktifan semasa sma, tetep pulang ngga langsung pulang, tapi lebih bener sekarang hahahah kayak latihan padsu dan lain-lain. Seru sih, ini adalah masa-masa mulai "tahu" orang. Mulai memahami ooh jadi dia begini, aku harus gini supaya ngga menyakiti dia, oh dia begitu, aku harus begitu and so on. Mulai menyukai kesibukan dan senang di sekolah, kenal begitu banyak teman dari kelas mana-mana. Dan merasakan work hard pay off dari dapat juara 1 di festival film sekolah hahaaha i was soooo happy back then.
2015.
Tahun-tahun terakhir di sma, dipecah oleh beberapa hal penting. Pertama tugas akhir akuntansi yang rasanyaaaaaa hmmm nangis-nangis darah karena nggak juga balance udah 3 kali kerja, ngerombak lagi, sampe ngerjain di sekolah di mana yang lain pada class meeting aku dan beberapa teman kerja itu. Sampe ke rumah teman dan ngerjain sampai malam, pokoknya tugas akhir akuntansi selalu menghantui hahaha. Yang kedua, tugas akhir seni budaya yang rasanya kayak bikin skripsi. But, thanks to this i've experienced ngerjain skripsi sebelum waktunya walau akhirnya juga dapet 75 yang dengan ikhlas aku sumbangkan ke teman untuk diloak. Sebel banget hahahah. Bener-bener yang berapa kalipun konsultasi ke bapaknya-you know who- masih adaaa aja kesalahan yang akhirnya dapat 75 itu, padahal seru banget aku dulu neliti tari remo. Okelah skip, terus sempet juga dapat tugas seni budaya bikin majalah, berhubung saya tak bisa per-photoshop an akhirnya dengan skill minim pake ms word dooooong hahah tapi lumayan kok bagus lah. Oke yang ketiga, ditandai dengan........jur-juran banting tulang untuk markarasta terakhir. For the first time seniat itu, segala pake pelatih juga. Walaupun tetep properti dan kostum kita sendiri yang pontang panting nyari nya. Inget banget yaAllah nempelin kain mata ikan, yang bling-bling ituuu, ke sepatu putih, sampe belibet setangan-tangan lemnya, terus juga nempelin manik-manik silver ke sarung tangan item satu-satu ditata edyaaaaan. Belum lagi yang latihannya hampir setiap hari (maaf ya manteman dulu pernah mangkir dari latihan karena jalan ke pantai tapi ga bilang-bilang hahahahahaha love you all). Dan berakhir dengan trying our best untuk markarasta walaupun setelah show langsung nangis ber-12 karena menyesal banyak yang salah huhuhuhuhu so deppresing harusnya kita seneng dong ya waktu itu huhu. Padahal ya lumayan akhirnya juara 3 beb. Ah, senang sekali ya jaman sekolah itu.
2016.
Wah ini sih. Satu tahun benar-benar melewatkan banyak sekali naik turun, asli. Yang pertama ambisius duluu belajar untuk ujian, dan aku benar-benar sembrono karena nggak belajar untuk sbmptn, benar-benar cuma belajar ujian nasional aja, dan menggantungkan doa serta keberuntungan aja untuk njajal snmptn. Terus yang aku ingat ini bodoh tapi beruntung banget waktu ujian sekolah matematika tiba-tiba mati lampu jadilah kita ngungsi ke perpustakaan nunggu lampu nyala, yang padahal soal udah pada dicatet di kertas buram jadi ngerjain bareng-bareng dan wallllaaa nilaiku tidak jadi mendapat 4, terima kasih kepada semua pihak yang terlibat. Kemudian badai ujian selesai, mulai terasa sedih karena bakal nggak bareng teman-teman sma lagi, mencar-mencar semua. Terus kemudian lagi, senang luar biasa karena lolos keterima di pilihan satu snmptn yaAllah, i think i used all of my luck on that year in this thing haahahaha, dan alhamdulillah lagi sangat suka dengan bidang yang aku pelajari terbukti dari selalu excited dengan semua mata kuliahnya. Akhirnya mulai masuk kuliah, merasakan ospek-ospek bangun jam 2 pagi berangkat sebelum subuh karena rumahku lumayan jaoh (walaupun pernah mangkir ospek juga, bilangnya sakit padahal liburan ke Probollinggo haha). Mulai kuliah, kenalan sama teman-teman baru yang jelas berbedaaaaa dari teman sekolah dulu. Teruuus sempat juga merasakan sendirian nggak punya teman waktu kuliah karena...ya memang ngga punya teman hahaa, panjang kalau diceritakan di sini. Tapi sekarang punya kok sumpah. But at that time i feel like hell everytime i go to campus, iya aku pernah ada di saat-saat seperti itu, walaupun alhamdulillah tidak berlangsung lama karena yaaah, as a gemini aku tidak punya malu untuk mencari teman baru. Yah intinya di sini mengenal buuuwanyak orang baru and how to treat them well. Oh iya, IKUT PENGABDIAN KE DESA! Sangat sangat senang bisa ikut pengabdian (walaupun sertifnya ngga turun sampai sekarang) tapi pengalamannya asli seru banget sihhh.
2017.
Apaya ini, i don't remember exactly what i do. Berarti ya nothing special i guess. Kuliah ya kuliah, main ya main, tetap my number one inner circle ya teman sma ku. Tapi ya mulai sering juga main sama temen kuliah. Oh baru ingat, ini tahun pertama berani untuk naik gunung, gunung ijen. And it's fun! Ternyata secapek tapi semenyenangkan itu. Terusss tahun-tahun di mana merintis online shop juga, jualan makeup yang lumayan hasilnya bisa nambahin tabungan nonton konser. Walaupun inget banget pusing-pusingnya cari supplier, barangnya habis, cari etude eyebrow warna grey brown susah bangggget, cari liptint yang warna coral jugaa sampe dapet yang di Jogja lah, Surabaya lah. Belum yang ditipu-tipu manjah hahah untungnya berhasil mengambil kembali yang menjadi hak kita hahah. Terus apalagi ya hmmm selain dua hal itu sepertinya everything seems normal.
2018.
Inilah, tahun di mana everyting is getting harder. Perkuliahan yang semesternya semakin tua, semakin kerasa harus mulai mikir magang dan skripsi. Kemudian perdramaan dengan kampus, peraturan yang diganti-ganti sesuka hati. Mulai pusing dengan tugas-tugas dan fieldtrip hampir setiap bulan. Ingin ikut pengabdian ke desa lagi, atau berbisnis lagi, tapi akhirnya tidak. So this year was very so-so-so-so. OH, LUPA! NGGAK SO-SO DING, KARENA.... that was my very first time nonton konser korean boy band, my favourite one of course, dan berjalan menyenangkaaaaan dan alhamdulillah good moodnya kebawa sampai tahun ini selesai.
2019.
Waaa this year was.....crazy. I was happy di awal tahun, tapi sudah bahkan nggak bertahan sebulan happynya hahah. Inilah drama permagangan dimulai, peraturan kampus yang nggak tau pusinglah, terus pihak perusahaan juga yang cukup tidak responsif. Sampai akhirnyaaaaa sampai juga di masa-masa magang, meet new people, try new things. Dan ditutup di bulan-bulan akhir dengan senang sekaliiiii. Dapat kesempatan untuk mencoba buanyak hal baru, challenging, but sangat sangat sangat menyenangkan. Alhamdulillah, alhamdulillah.

2020. I wish everything i do in this year making me happy. Semua yang sudah kumulai di Januari ini akan berakhir menyenangkan, membahagiakan, melegakan. Walaupun mungkin tidak akan mulus jalannya, tapi setidaknya aku ingin menikmati dan bahagia dalam proses itu. Wishing u guys are happy and fine always. Me love you!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diary of Mid-20 Girl (Part 5)

Diary of a Mid-20 Girl (Part 4)

Perkara cafe-cafean (Jilid 5)