How to Handle Olshop Penipu a la Aisyah

Selamat pagi:) jadiiiiii ini minggu-minggu penuh tugas dan UTS. Tapi alhamdulillah sekarang sudah selesai UTS nya dan sedang libur seminggu, yash praise to FIA yang utsnya terjadwal. Minggu kemaren kayaknya minggu paling hectic yang pernah aku rasakan. Laaaay padahal ya dulu-dulu keknya lebih hectic ahaha. Jadi minggu kemaren tuh, jadwalnya UTS, terus tugas takehome yang makalah lah, essai tanpa dikasih tau sumbernya dan dosennya nggak pernah ngajar lah, akuntansi bahasa inggris lah, daaaaan ditipu sama olshop:) Ok, sebagai generasi milenium kita kan sering yah jual-beli di internet, tapi dari sejauh aku berbelanja online baru sekarang ini ngerasain yang namanya ditipu olshop.
.
Jadi gini ceritanya, tanggal 27 Maret kemaren aku beli beberapa barang karena sekalian buat kulakan (fyi, i own online shop too, go check @mooimakeup17 on instagram). Mbaknya nawarin untuk langsung dikirim dari jakarta aja, karena biar lebih cepat daripada tunggu COD. Okelah, kita menyanggupi untuk segera transfer dengan total Rp210.000. Bukan nominal yang terlalu besar mungkin bagi beberapa orang, tapi tetep kalo untuk kita yang baru merintis bisnis online shop, itu lumayan banyak. Sebenernya di sini aku mau ngasih tau online shop mana yang dengan sukses menipu aku, tapiiiiii dia ganti username dan foto profil di instagram kayak setiap 3 hari sekali. Waktu aku beli, dia namanya @etudehousemlg.id kemudian ganti @etudehousemalang.id dan sekarang ganti @etudehousekorea.id. Kurang lebih waktu itu kita beli 5 item. Waktu itu kita transfer hari Senin dan dia janji mungkin akan datang 2-3 hari pol-polan seminggu. Yang nyatanya sampai sekarang, hampir sebulan belum datang juga. Awalnya kita pikir mungkin JNE ngantar pas kita nggak ada di rumah, tapi setelah kita minta nomer resi ke mbaknya, dia berkilah terus nggak mau ngasih nomernya. Dari situ kita udah ada firasat nggak enak, tapi yasudah jangan mikir yang jelek-jelek dulu. Oh iya, waktu kita pesen itu pake line dan atas nama temenku. Akhirnya dengan penuh kesabaran, temenku coba ngechat mbak ini hampir setiap hari setelah seminggu paket itu nggak dateng-dateng. Pertama dia bilang kemarin JNE libur karena long weekend dan sekarang masih overload, oke masuk akal. Kira-kira seminggu setelahnya chat temenku baru dibalas lagi sama si embak, dia bilang dia baru opname dan sekarang baru bisa ngurusin olshopnya, oke masuk akal. Tapi kita tetap mendesak mbaknya buat minimal ngasih nomor resi lah, biar kita juga bisa ngelacak paket kita. Tapi si embak tidak kunjung membalas line temenku. Sampek akhirnya beberapa hari setelahnya si embak membalas cuma "Maaf ya, aku baru balas" sudah itu aja, tanpa ada penjelasan apapun. Sejak saat itu temenku teruuuuuuuus minta tanggung jawab soal paket kita dan tidak ada yang dibalas sama si embak, sampai akhirnya kita menyimpulkan bahwa temenku sudah di block dari Official Line si embak.
.
Nah, karena temenku udah di block kan, akhirnya kita nyoba buat pesen lagi ke olshop si embak pakai line ku. Jadilah kita pesen 2 item dan minta COD karena sudah kepingin banget melihat bagaimana si penipu ini. Yang bikin kaget, dia bales chatku dengan cepat dan respon yang luar biasa friendly nya, padahal chat temenku nggak ada yang dibales. Terus yasudah kita nunggu sampai barangku dateng dan ngajak untuk COD an. Akhirnya kemarin hari Minggu tanggal 16 April kita ketemuan di MCD Watugong jam setengah 4 sore. Si embak dateng pake headset dan masker yang bahkan nggak dicopot walaupun sedang ngomong sama kita. Temenku langsung bilang to the point ke mana paketnya dia sedangkan pesananku dateng dengan cepet dan sesuai yang aku pengenin. Di sini kelihatan jelas si embak kaget dan nggak nyangka aku bakal bawa salah satu korban tipuannya dia. Dia pura-pura bodoh dengan tanya yang mana chatnya mbak, mungkin ketumpuk. Terus dia langsung scrolling-scrolling list chat line@-nya. Aku yang kebetulan duduk di sebelah mbaknya ngelihat dengan jelas kalo nggak ada chat dari temenku, langsung aja aku bilang coba cek di blocked list nya kali aja kemaren udah di block, si embak langsung bilang nggak, aku nggak pernah ngeblock orang. Nyatanya chat temenku nggak masuk ke OA si embak yang artinya sudah di block.
Dia juga berkilah nyuruh temenku langsung kontak pusatnya di Jakarta aja dengan username @etudehouseofficial. Ya sekarang kan urusannya temenku sama si embak bukan sama pusat, temenku nggak mau dan maunya lewat mbaknya aja. Si embak janji bakal refund uang kita secepatnya dan kasih nomor hpnya ke temenku. Dia bilang kalo masih belum dateng, kabarin aku aja ya. Oh iya, selama proses itu tadi si embak terus-terusan nyuruh aku langsung bayar pesenanku yang artinya dia bisa segera pergi dari situ. Oooow tentu tidak semudah itu, mbak. Aku tahan-tahan dulu dengan barang di tanganku tapi nggak segera aku bayar. Terus yaudah si embak janji bakal bantuin minta refund ke pusat, yang gaktau itu pusat beneran atau pusat ilusi si embak. Okelah kita biarin dia pergi dengan nomor dia udah disave sama temenku. Sepanjang dia duduk ngobrol sama kita, kelihatan banget kalo tangannya gemeter karena mungkin takut/nervous, dan semua omongan kita langsung disela sama si embak yang menandakan dia tau apa kesalahannya tapi dia nggak mau disalahin. Dan dia selalu bicara di nada tinggi dengan tekanan yang kayak maksa untuk kita percaya omongan si embak.
.
Oke setelah ketemuan hari Minggu itu, akhirnya dia terus-terusan ngabarin lewat line ku, yang padahaaaaal urusanku sama dia sudah selesai, dan seharusnya dia kabarin langsung aja dong ke temenku. Eh iyasih, line nya aja udah diblock ya makanya gak bisa ngabarin. Ini nih omongannya mulai gak masuk akal. Pertama dia bilang dia cuma admin aja, dia nggak megang uang dan dia baru kerja 5 hari yang sebelumnya olshop ini dipegang sama anak smk 2. Yaudah kalo dia emang nggak mau ngurusin, aku minta ke dia kontak si anak smk 2 dan langsung ditolak sama dia dengan alasan nanti tambah ribet. Well, kalo menurutku sih justru nggak ribet lah karena emang si anak smk 2 yang ngelayanin waktu tanggal 27 itu kan. Nah, dari ketidak masuk akalan ini langsung aku sadar kalo admin smk 2 cuma ilusi dia aja. Apaan deh. Dan dia terus-terusan minta nomer rekening tapi nggak juga dikirim uang refund nya oh my God. Kedua, dia bilang chat komplennya belum direspon sama pusat dan kita nggak dibolehin komplen langsung ke pusat, yang berlawanan sama kata dia di MCD yang langsung nyuruh kita komplen ke pusat. Terus ada sekali waktu, aku ngasih saran buat mbaknya refund pake uang mbak dulu aja sementara, baru ntar pusat langsung kirim uangnya ke embak. Dengan maksud pingin cepet masalahnya clear dan nggak ngeribetin mbaknya terus. Yang kemudian DIBALAS DENGAN JUDES sama mbaknya. Dia langsung jelasin panjang lebar dengan kata "paham gakk?" di belakang yang kasarannya dia meremehkan aku dan mikir aku bodoh nggak paham dengan apa yang dia katakan. Yang padahaaaaaaaal kukira dia yang nggak paham bagaimana menjalankan sebuah bisnis online shop. Kalo menurutku, tanggung jawab dia sebagai owner pada pelanggan harusnya dijadikan nomor satu, dong. Masalah dengan pelanggan ya harus segera diselesaikan karena kan masak nggak malu sih dikenal sebagai olshop penipu? Kalo urusan dengan pusat dll dll ya seharusnya pelanggan nggak perlu tahu dan nggak perlu ikut terlibat, karena itu masuk internal sedangkan pelanggan adalah orang luar.
.
Akhirnya di Kamis, 20 April kemarin, sudah di transfer sama si embak. Dia kabarin aku lewat DM instagram nggak paham juga kenapa gak lewat line-_- ya pokoknya dia bilang sudah di transfer sama pusat coba cek dengan nada yang judes sangat. Tapi okelah i don't even care anymore yang penting uangku balik. Sebenernya aku sangat berterimakasih sama si embak karena sudah mau direpoti dan mau mengembalikan uang kita walaupun emang itu tanggung jawab dia, cuma ya kan ada beberapa olshop yang bener-bener nggak mau balikin lagi. Sebenernya di sini aku nggak begitu permasalahin nominal uangnya, awalnya udah mau ikhlasin aja, tapi setelah tau ada kurang lebih 2-3 orang selain kita yang ditipu dan itu lebih banyak dari kita, langsung naik darah aku. Sebagai olshop penipu yang domisilinya di Malang, dia mungkin aja kan bikin pelanggan menyama ratakan bahwa semua olshop penipu yang otomatis ngurangin kepercayaan pada olshop yang lain juga. Padahal dia sendiri aja yang penipu gausah bawa-bawa yang lain bye. Ya aku harap aja setelah ini si embak jadi sadar nggak boleh nipu-nipu lagi, ntar dapet penggalan yang ngejar kayak kita lagi gimana:) cirinya olshop gajelas tuh cuma 1, kalo kita komplain, dia bakal bales dengan omongan yang lebih kasar dan kesannya kita yang salah. wes iku, jangan jadi beli deh sekalian daripada bahaya:) oh ya, pas aku ngepost ini olshop nya dia udah ganti nama lagi jadi @etudehousekorea_malang.id beware yah temen-temen, kalo mau beli di si embak ajakin COD aja hihi. Byeee

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diary of Mid-20 Girl (Part 5)

Diary of a Mid-20 Girl (Part 4)

Perkara cafe-cafean (Jilid 5)